4 Mitologi Ter-'Funky' Versi Si Mpril

Hari ini adalah hari yang indaaaaaah buangetzzz #ampemuncrat , karena gue terbebas dari yang namanya rapat-rapat an (red: rapat ospek) yang sangat menyita liburan indah gue. Seharian gue tidur, makan, kembali tidur lagi, bener-bener kaya pengangguran bahagia, hingga akhirnya gue punya ide buat nulis 'Judul Ini' di blog gue. Mungkin banyak dari kita udah tau ama yang namanya mitos, sesuatu yang dianggap sebagai imajinasi tingkat tinggi dengan prosentase kebenaran kurang dari 1% alias cuma isapan jempol belaka.
Tapi Mpril, sebenernya Mitos itu apaan sih?

Mitos atau mite (myth) adalah cerita prosa rakyat yang tokohnya para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.

Tanpa banyak basa basi, kita langsung saja membahas tentang 4 mitologi ter-'funky' versi si Mpril.

Di posisi pertama ada mitos yang cukup terkenal dari Yunani, siapa sih yang nggak kenal sama makhluk kece satu ini. PEGASUS ...
Pegasus dideskripsikan oleh bangsa Yunani sebagai kuda jantanyang memiliki sayap, dan ada beberapa cerita yang mengatakan bahwa pegasus tidak hanya bersayap, tetapi juga memiliki tanduk berbentuk kerucut diatas kepalanya.



Di dalam mitologi yunani, pegasus adalah anak dari Poseidon dan Medusa. Pegasus dipercaya bisa memunculkan mata air, diamana pun dia menghentakan kaki nya, maka disitu akan muncul mata air. Kalo memang bener kaya gini ceritanya, pengembara yang tersesat di gurun pasir ga perlu guling-guling di tanah gara-gara kehausan, tinggal manggil si mamang Pegasus, oasis bakalan tersebar dimana-mana #imajinasitingkattinggisimpril <--- busyet dah hashtag-nya panjang beud. Mata air yang dianggap bangsa Yunani sebagai mata air hasil hentakan kaki pegasus diantaranya ada di gunung Helikon dan suatu tempat di Troezen.

Loncat ke posisi dua, adalah Siluman. Siluman merupakan salah satu makhluk mistis yang terdapat dalam mitologi Cina. Siluman ini setau gue adalah makhluk setengah manusia dan setengah hewan, dia bisa berubah wujud menjadi hewan maupun manusia. Tau Sun Go Khong? Itu loh siluman kera yang dulu ditayangkan di televisi dengan judul Kera Sakti ... Ternyata film Kera Sakti itu diambil dari Mitologi Cina. Dan ada satu lagi yang cukup terkenal di kancah dunia, yaitu Siluman Ular Putih. Temen gue aja pernah punya baju bergambar siluman ular putih waktu kecilnya. Kalo ga salah mitos tentang Siluman Ular Putih pun pernah diangkat menjadi sebuah film yang pernah ditayangkan di Indonesia.


Karena gue orang baik, nih gue kasih satu referensi mengenai siluman ular putih:

Legenda Siluman Ular Putih adalah legenda tentang seorang siluman ular putih bernama Bai Suzhen yang jatuh cinta pada seorang pelajar bernama Xu Xian. Setelah bertemu di jembatan Duan pada saat hujan turun, Xu Xian meminjamkan payungnya kepada Bai Su Zhen. Keduanya jatuh cinta dan menikah. Tak lama setelahnya pada saat Festival Peh Cun, Bai Suzhen tidak sengaja meminum arak yang membuatnya berubah kembali menjadi ular putih raksasa. Bai Suzhen berusaha keras menolong suaminya dengan mengambil herbal dari Pegunungan Kunlun tapi dihalangi oleh seorang pendeta.

Buat yang masih blah-bloh, mencoba nginget-nginget cerita ular putih jaman dulu (red: jaman gue SD), Gue kasih foto tokoh yang memerankan siluman ular putihnya.


Di posisi ketiga ada Raksasa. Raksasa ini berasal dari mitologi Hindu yang berarti makhluk jahat atau jiwa yang bersifat jahat. Sedangkan dalan bahasa sanskerta, kata "raksasa" berarti kekejaman dan merupaka lawan kata dari "rakhsa" (sentosa).
Eh, Sempril, bukannya raksasa itu makhluk ber-body GEDE???

Sabar... sob, mau dilanjutin nih. Menurut mitologi Hindu juga, beberapa raksasa merupakan reinkarnasi dari orang-orang berdosa pada kehidupannya yang lampau, berwujud mengerikan, mukanya sangar dan BERTUBUH BESAR. Bisa nih nama "raksasa" dijadiin referensi nama anak kalo-kalo badannya gede kaya gentong. Hihihihi ... #sempak
Orang lucu kaya gue selalu memberikan kejutan.Nih gue kasih tau nama raksasa sekaligus foto dirinya, maaf ye kalo ga close-up, mereka gak banci foto soalnya. #sempak ... Ada yang namanya Kamsa, Duryodana, Dursasana, Jarasanda, Sisupala. Hati-hati dengan orang-orang yang punya nama kaya gini, bisa jadi dia reinkarnasi dari raksasa. Hahahaha...

Kamsa yang digibukin Khresna

Duryodana yang diperanin dalam
Yakhsanaga (drama populer di India)
Eh, kok yang di foto malah mirip Pak Raden -_-"

Dursasana dalam bentuk wayang jawa
gaya Surakarta, sorry bukan foto asli, ga
suka di foto katanya :D

Lukisan India yang gambarin adegan
Jarasanda dibunuh Bima

Lukisan India yang ngegambarin
Sisupala dipenggal saat upacara Rajasuya

Haduh, saking asyiknya gue ngenalin nama-nama Raksasa, gue jadi lupa nih sekarang posisi keberapa yang bakal gue bahas.
Posisi keempat, Semprul !!!

Bagus... berarti kalian masih khusyuk ngebacanya. Hahahaha...
Ok, diposisi keempat ada... jeng jeng jreeeeeng... O..Ba..Ke.. #plokplokplok Obake ini adalah sejenis yokai dalam cerita rakyat jepang. Arti dari Obake ini adalah sesuatu yang sangat besar atau sesuatu yang bentuknya aneh. Istilah obake sinonim dengan hantu dari arwah orang yang telah meninggal. Ada banyak wujud obake, dari mulai yang berbentuk lentera (Chochin obake) dan ada pula yang berleher panjang.

Chochin obake, yokai yang berbentuk
lentera

obake berleher panjang yang keluar
dari keranjang

Bentuk sebenarnya bakemono atau obake dapat berupa hewan seperti rubah, anjing rakun, musang, kucing yang dapat berubah bentuk, dll. Selain itu makhluk ini juga biasanya menyamar sebagai manusia atau muncul sebagai bentuk yang aneh atau menakutkan. Catat: Tapi tetep aja ga bakalan ada yang bisa nyaingin seremnya hantu Indonesia.


Sebenernya pengen nambah jadi 5 mitologi, dengan mitologi terakhir yang kepingin gue bahas adalah Mitos hantu di Indonesia, tapi gue ngga sanggup googling nyariin gambar-gambar hantu di Indonesia... Sadaaaaap!!! Itu membuktikan bahwa mitos terutama mengenai hantu di Indonesia paling serem sedunia.
Yakin Lu, Pril, hantu indonesia paling serem sedunia???

Yaelah ... nonton sinetron mulu sih lu, Mo... Udah nonton film almarhun susana yang judulnya malam satu suro? Sambil merem aja tuh film bisa bikin bulu kuduk merinding, cuy.
Pernah gue denger dua dialog antara orang jepang dan orang indonesia yang lagi study S2 di jepang. Dialog gue translate ke bahasa Indonesia, biar Lo... Gue... Ngarti...

Orang Jepang : Eh, sob gue abis liat makhluk serem banget!!!
Orang Indonesia : Yang kaya gimana sih? Namanya apa?
Orang Jepang : Nah, itu... gue ga tau sob namanya apa,baru nemu soalnya. Pokoknya mukanya pucet pake long dress putih, rambut panjang, terbang dari pohon ke pohon...
Orang Indonesia : Itu Kunti, Nyet... -________-"

No comments: