SUSAH senang jadi MAHASISWA

Hari kamis, yeeee... akhirnya hari kamis juga. Hari yang paling gue nanti-nantikan tiap minggunya.
 Lu mau ngepet ya Pril???

Itu salah satunya,Mo. Hihihihi ... Gue paling seneng hari kamis, karena di hari ini gue bisa dengerin Nightmare Side di Ardan FM #gabangetalasannya. Hahahaha...

Sorry ya sob kalo prolog posting gue kali ini lebih dari sekedar garing. Sebenernya ada yang mau gue curhatin nih tentang kehidupan gue di jurusan Kimia. Jujur, gue mulai jenuh ama semua yang berbau perkuliahan dan antek-antek nya. Maksud dari antek-antek disini seperti tugas kepanitian angkatan, salah satu nya adalah OSPEK, kalo di jurusan gue disebutnya MABIM (masa bimbingan) yang lebih mirip penganiayaan dibandingin masa bimbingan. Buat mahasiswa-mahasiswa baru yang udah jingkrak-jingkrak bahkan ampe ngegelar pesta buat mencurahkan kebahagian kalian udah tembus SNMPTN (terutama di kampus gue), bersiaplah untuk menyesal udah berbahagia sebelum waktunya. Hahahaha #tertawasetan. Gini sob, kalian, orang-orang yang terpilih dari banyak orang yang kepengen banget masuk PTN baru boleh berbahagia kalo udah ngelewatin yang namanya OSPEK jurusan, itu juga kalo jurusan lu ngadain.
Sempril, cerita-cerita dong waktu lu OSPEK begimana???

Wuuuiiiih... jangan ditanya, Mo, indah bangeuuuuudh (red: tersiksa jiwa dan raga). Apalagi kalo udah mulai sesi TATIB (Tata Tertib), wuidiiiih ... bikin gue kepengen punya sayap biar bisa minggat dari lokasi itu. Ampe sekarang gue masih bingung, kenapa itu anjing harder (red: tatib) harus dinamain TATIB, kenapa ngga TURAH (tukang marah), TUK-TAK (tukang bentak), kan lebih unyu gimana gitu kedengerannya. Gue masih kesel ama yang namanya tatib, meskipun tau kalo mereka itu cuma akting, tapi tetep aja ngenes, mana waktu itu gue masih jomblo lagi, makin aja gue ngerasa SIAL.

Banyak banget pengalaman pahit gue sewaktu MABIM. Dari mulai jalan kaki dari gerbang baru ke gedung BIRU (PTBS), udah jauh, nanjak nya ga kira-kira, pake rok item panjang dan kemeja putih panjang. Jujur aja nih, gue pernah seminggu ngga ganti-ganti tuh kemeja putih, alhasil hasyeeeeuuuuum. Hahahaha ... Ada lagi yang bikin gue kesel, suatu hari gue disuruh buat bawa ponco. Tau ga ponco? itu tuh jas ujan yang lebih mirip kurung ayam buat pengendara motor. Karena banyak yang nggak bawa, panitia pada bagiin ponco ke maba (mahasiswa baru) yang ngga bawa. Nah gue dapet apesnya nih. Ponco yang gue dapet adalah ponco dengan lingkar kepala kecil banget, alhasil kepala gue yang makrosefalus ini nggak muat. Tau ngga, pas sesi Senior dan anak-anak disuruh pake itu ponco, gue adalah satu satu nya orang yang nggak berkepala, karena kepala gue ga bisa menembus lingkaran kepala ponco. Jis, temen gue yang ada di belakang, bukannya bantuin malah ngetawain, gebleeeeek!!!

Free Memory ...

Waktu gue tau kalo gue lulus SNMPTN, gue seneeeeeng banget. Bukan karena gue masuk KIMIA, tapi karena seneng uang semesteran di PTN gue sekarang keitung murah beud, maklum belum BHP. Hihihihihi ... Dan gue tau alasan nyokap gue seneng waktu itu juga kaya gitu, beliau nggak perlu mikirin uang semesteran gue kemahalan, ditambah lagi kalo gue dapet beasiswa #ngeri. Saking gue seneng nya gue waktu itu, gue ampe lupa Begot's quote (salah satu guru pengajar di tempat BimBel gue) yang kurang lebih kata-kata nya seperti ini.

"Lulus SNMPTN bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan awal perjuangan kalian untuk terus berprestasi di dalamnya"
Gue nggak peduli... yang penting gue seneng... Yuhuuuu...


Ternyata benar kata-kata pak Begot, kalo lulus SNMPTN adalah gerbang dari perjuangan kita menjadi mahasiswa. Waktu itu gue registrasi sendirian, SENDIRIAN meeen, ga bareng temen, saudara, apalagi orang tua. Waktu itu Jatinangor sedang mengeluarkan lidah api yang paling dasyat men, panas bangeuuuuuud. Gue ngantri, dan antrian di stop selama istirahat yaitu dari jam 12.00-13.00,. Apesnya gue kebagian tempat panas waktu itu, disaat orang lain seneng-seneng dapetin lahan teduh semasa istirahat panitia pelaksana. Najiiiiiiiiis....

Itu baru bagian paling keciiiiiil dari penderitaan yang gue alemin. Karena gue dihadang ospek jurusan sebelum bisa dibilang mahasiswa kimia. Anjiiiiiis, tiap hari gue harus pake rok hitam panjang dan kemeja putih gue satu-satunya. Ngga boleh naek angkot gratis yang disediakan rektor khusus buat civitas akademika di UNPAD Jatinangor. Gue harus jalan kaki meeeeen dari gerbang UNPAD ampe gedung yang letaknya nyaris paling atas di wilayah UNPAD Jatinangor. Najis banget dah sumpah. Orang lain mah masuk kelas belajar dengan nyaman, nah kalo gue, masuk kelas langsung ngibas-ngibasin muka pake buku, apalagi kalo ditambah gue telat masuk kelas, gue langsung pake kedua tangan gue buat ngibasin muka pake buku, HAREUDANG meeeen.



Noh gue liatin denah kampus UNPAD yang ada di jatinangor, dan garis merah itu sengaja gue bikin, buat ngeliatin seberapa jauhnya gue harus jalan kaki tiap hari bareng temen-temen gue yang lain. Kita seangkatan memang dituntut panitia OSPEK untuk selalu jalan bareng nyampe gedung PTBS (red: gedung kuliah bersama), yang kalo di gambar di kasih nomor 23. Sebenernya kalo cuma sehari dua hari jalan kaki dengan jarak segitu sih kagak nape-nape, gak sejauh jarak dari kampus ampe puncak gunung manglayang ko. Tapi kenyataannya gue jalan kaki sejauh itu tiap hari men... Harus nyubuh gue dateng ke kampus biar ga telat. Paling miris kalo liat maba jurusan lain bisa naek angkot gratis sedangkan kita harus jalan kaki #ngeritingkatiblis.

Waktu malam pelantikan, kayanya cuman gue yang senengnya udah kaya menang lottre 1 triliyun .... Gue nangis cuy, pengen teriak... Aiiiiiing Bebaaaaaas!!!


Ga gampang emang jadi mahasiswa ... Gue dituntut berprestasi di dunia akademik, organisasi, bagi waktu sama temen, keluarga dan pacar. Seabreg tugas bikin gue nggak pernah ngerasain malam minggu yang indah. Bukan karena malam minggu gue jadiin waktu untuk ngerjain tugas-tugas yang menggunung, tapi karena perasaan ngga tenang gue selama malam mingguan nginget tugas numpuk belum satu pun dikerjain #miris.

Sempat terfikir untuk cuti saja, karena udah ngerasa jenuh sama dunia perkuliahan. Sekarang gue baru mau masuk tingkat 3 (semester 5), kata orang sih ini semester paling membosankan, karena ngerasa udah kelamaan kuliah tanpa hiburan. Tapi setelah gue baca novelnya Dewi 'Dee' Lestari yang Perahu Kertas, gue langsung tersadar. Kalo emang gue udah bosen dan nggak betah kuliah, gue harus lebih giat lagi belajar dan kuliah biar cepet-cepet lulus dan nggak lagi ngerasa pengen cuti. Hahahaha... Sayangnya di gue nggak ada semester pendek, kalo pun ada itu buat ngulang mata kuliah yang nilainya busuk-busuk. Kalo lu masih ngerasa jurusan lu yang udah ngasih SP keatas rese, mendingan sekali sekali lu cobain deh jadi mahasiswa du jurusan gue, nggak ada SP, jarang dosen yang ngasih remed, alhasil IPK lu bounge jumping #ngeri.

O iya yang masalah ospek jurusan, ternyata setelah sekian lama, gue mulai sadar, kalo banyak banget manfaat dari ospek jurusan. Seperti meningkatkan SOB (sense of belonging), mendekatkan keakraban senior dengan mahasiswa baru, bisa dapet masteran, betis jadi lebih berotot, nggak manja (nggak ngeluh kalo nggak ada angkot gratis masih bisa jalan ampe kosan), dan masih banyak lagi.
Eh Sempril, ngomong-ngomong lu pernah jadi panitia OSPEK nggak sih?


Pernah dong... #nadasombong, Gue pernah jadi panitia penerimaan mahasiswa baru universitas atau disingkat PRABU padatahun 2010. Waktu itu gue masuk menjadi staff seksi acara. Gue bangga masuk seksi acara, anaknya gokil-gokil men, nggak pernah bosen deh kalo pun harus rapat tiap hari. Dan yang paling penting, gue sangat teramat dihargai disana, nggak kaya di jurusan #sorrynyela.

rapat bareng temen-temen gokil gue di seksi Acara

Makan bareng di rumah Jhonty (kerudung biru paling ujung)
bersama beberapa panitia PRABU 2010

Foto bareng SC gokilzzz dan gue, hahahaha

Kita, seksi Acara nggak ada apa-apa nya tanpa seksi-seksi
lain. Contohnya ini, makanan yang dijual Danus, bisa
ganjel perut pannita-panitia yang waktu itu bertugas

Di bawah ini gue kasih video mengenai buah karya panitia PRABU 2010 yang dalam pelaksanaannya tidak luput dari kerja keras seksi acara. UNPAD memecahkan rekor Muri pada Student Day 2010, sebanyak 7.812 pas foto mahasiswa baru angkatan 2010 dengan ukuran 3x4 ditempel disetiap detail pulau-pulau dalam replika peta Indonesia. Mungkin video lebih lanjutnya bisa dilihat dalam video di bawah ini. Enjoy for watching this video.



Eh, ternyata ada PR3 yang kece itu... Hahahaha... Karena Student Day 2010 waktu itu dilaksanain pas tanggal 17 Agustus, maka saat itu kita semua panitia termasuk mahasiswa baru 2010 melaksakan upacara bendera dalam memperingati hari kemerdekaan kita. Di akhir video juga ditampilkan stand UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), kebetulan yang ditampilin di video ini adalah UKM Lises (Lingkung Seni Sunda). Sedangkan yang paling akhir di tampilin di video ini adalah penampilan dari UKM SPDC (sejenis marching band), intinya semua yang ditampilin di video ini tidak luput dari kerangka berfikir anak-anak acara dan dibantu oleh seksi-seksi lain pastinya.
Wooooow, good job guys ...

Segitu aja deh, gue mau nonton Big Brother dulu. Buat yang baca posting gue yang ngawur kali ini, terima kasih, semoga nggak bikin lu ngerasa pengen di DO aja dari kampus lu. Hahahaha

1 comment:

Unknown said...

likeeee..........
teruslah berkarya anak muda..