Sepenggal Kisah di Sekolah Rakyat

Hari ini adalah harinya gue dan seluruh anak-anak yang ada di Indonesia, Hari Anak Nasional. Di Bandung, hari anak nasional dimeriahkan dengan kegiatan turnamen futsal & modern dance antar SD se-Bandung Raya, yang diadakan oleh Planet Futsal Bandung.

Pada hari anak nasioal kali ini, gue ngerasa kehilangan sesuatu. Gue inget sama anak-anak yang dulu pernah menghiasi hari-hari gue. Anak-anak yang selalu gue bangga-banggain di hadapan temen-temen gue di kampus. Anak-anak sekolah rakyat, sekolah informal yang didirikan oleh salah satu unit kegiatan mahasiswa di Universitas Padjadjaran. Hampir mirip dengan Sakola Alit yang diceritakan di Perahu Kertas-nya Dee Lestari, hanya saja yang diajarkan di Sekolah Rakyat ini bukanlah menulis, membaca dan menggambar, karena anak-anak yang terkumpul di sekolah rakyat ini memang sudah mengenyam pendidikan formal.
Jadi Pril, apa aja yang diajarin sama entu anak-anak???

Jadi gini Mo, kita tim pengajar #cieeegaya punya silabus sendiri yang nggak ditemuin di sekolah formal. Seperti ilmu beretorika, bahasa (bahasa asing seperti prancis, cuma buat having fun saja), IPTEK, menulis. Menulis disini bukan berarti belajar menulis untuk si buta huruf, tapi mereka diajarkan untuk menulis apa saja yang ada didalam kerangka berfikir mereka, hal ini ditujukan untuk mengasah bakat terpendam mereka, kali aja sebenernya diantara mereka ada yang kedepannya berbakat menjadi seorang penulis.

Ssstttt...jangan berisik... anak-anak SR lagi belajar...

Anak-anak SR (sekolah rakyat) terdiri dari anak SD, SMP, bahkan anak kecil yang belum cukup umur untuk memasuki bangku sekolah. Pertama kali ketemu anak-anaknya, gue langsung apreciate banget buat ngajar disana. Gue ngerasa langsung deket banget sama mereka, begitu pun mereka. Kita pernah naik gunung geulis bareng, dan itu sangat berkesan buat gue, karena sejak SMP gue pengen banget pergi ke puncak gunung geulis dan pengen liat makam yang katanya adalah makam keramat seorang putri. Dan akhirnya cita-cita gue semasa SMP itu tercapai dengan bantuan anak-anak SR. Loh kok bantuan anak SR? Soalnya mereka itu lebih berpengalaman naik gunung dari pada gue, ada salah satu dari mereka yang bernama Abo mengaku pernah pergi ke puncak gunung geulis sebanyak 13 kali. Busyet, gue aja kagak pernah sekalipun naik gunung ampe ke puncaknya. O iya ada satu hal yang berkesan ketika gue dan anak-anak sekolah rakyat nyampe di puncak gunung geulis. Disana gue bertemu dengan seorang nenek penjual air mineral, dia mengaku setiap hari mendaki gunung geulis untuk menjajakan barang dagangannya kepada orang-orang yang pergi ke puncak gunung tersebut. Ya ampun udah berasa bukit aja kali ya tuh gunung buat dia. Emang nggak terlalu tinggi sih gunungnya, 3 jam juga nyampe. Tapi masalahnya, akses untuk nyampe ke puncak gunung nya itu loh terjal banget, ada beberapa spot yang di sampingnya itu kita bakalan ngeliat yang namanya jurang. Anyway, gue seneng banget udah pernah ke gunung geulis bareng anak-anak sekolah rakyat ku yang tercinta.

Nih, gue liatin beberapa foto gue dan anak-anak SR waktu ada di puncak gunung geulis.

Dua orang anak SR tertua, yang pake baju biru (Wulan),
yang pake baju merah (Ani)

Persiapan pulang karena mendung, yang paling
depan itu namanya Abo

Di tab Gallery juga gue masukin foto mereka waktu lagi duduk-duduk untuk istirahat di puncak gunung geulis. Gue sebenernya sayang banget mereka, tapi karena kesibukan gue di kampus, gue jadi nggak ada waktu lagi buat mereka. Setiap hari gue pulang sore, sedangkan kelas di SR dimulai pada jam satu siang. Gue ngerasa berhutang banyak kepada semua anak-anak SR. Sering kali gue dapetin sms dari mereka yang mengajak gue nonton dvd bareng lagi. Nonton dvd bareng adalah inovasi yang gue terapin kalo mereka terlihat mulai bosan dengan materi-materi yang diberikan tim pengajar kepada mereka. Tapi lagi-lagi keadaan seolah tak mengijinkan, gue sibuk di kampus nggak dibuat-buat, gue juga punya tanggung jawab lain terutama tanggung jawab kepada orang tua yang telah membiayai gue kuliah, nggak mungkin bagi gue ninggalin akademik gue gitu aja.

Kembali ke cerita membahagiakan bersama anak SR. Gue pernah menjadi penanggung jawab diadakannya kunjungan anak SR ke museum Geologi. Museum yang isinya peninggalan sejarah, seperti asal usul manusia purba, replika dinosaurus, bahkan kerangka dinosaurus asli pun ada, tentang peradaban manusia dari jaman dulu ampe sekarang, dan masih banyak lagi.

Nih gue liatin foto-foto nya...

huwaa... cuma ini foto bareng anak SR nya,
pada malu buat di foto sih...

Jiyaaah, malah foto gue bareng Tyrex yang ada

Ini gue dan anak-anak SR abis berenang, asap putih
yang terlihat di foto berasal dari ayam bakar, abis
renang kita makan bareng di sekre LPPMD

Adik-adik ku tersayang, terima kasih atas semua pengalaman menarik yang kalian berikan. Maaf kalo pada akhirnya kesan pahit yang aku kasih buat kalian. Begitu banyak yang kalian kasih buat aku, tapi aku belum ngebales semua yang kalian kasih selama ini. Disini aku hanya bisa mendoakan yang terbaik buat kalian, kesuksesan di segala aspek untuk kalian. Tunjukan moral anak bangsa yang terbaik dari kalian. Cintaku buat kamu, nggak akan berakhir hingga kapan pun. Huwaaaa... sediiiiiiih...

Selamat hari anak nasional generasi penerus bangsa, selamat hari anak nasional anak-anak SR tercinta...

4 comments:

Dunia Feby Andriawan said...

Wah hobi foto2 ya? hebat banget nih mbak Mpril jiwa sosialnya tingi..:)

mprilmpril said...

Hahaha... iya, paling seneng ngajarin anak kecil. hehe

vonny said...

hai mpril?
salam kenal..aku dari semarang..
aku baru lihat postingan tgl 23 juli 2011.. aku kagum dengan activity yang kamu ketik.. menurutmu gimana cara membuat SR di semarang? kamu punya nga komunitas SR selain di kotamu? aku pengen tanya gimana caranya membangkitkan SR di Semarang, ya?

mprilmpril said...

maaf vonny baru aku bales. skrg aku udah nggak aktif lg di SR lagi krn kesibukan di kampus yg bentrok dg jadwal kuliah. yang membangun pertama kali SR pun bukan aku, aku cuma penerus saja.

SR d daerahku memiliki silabus sendiri yg ga mereka dapetin di sklh formal. belajar sambil bermain lbh bagus. kadang aku jg ngajarin yg ga sesuai dg silabus. aku nanya ke anaknya apa yg pengen mereka lakuin saat itu. Haduh aku ko jd kangen sama mereka ya :D