Kok Sony Xperia M-nya Nggak Bisa Buka Play Store

Gue nggak bermaksud menjadi ahli gadget dengan menulis mengenai postingan gue kali ini. Anggap aja ini semua buah dari kekonyolan. 

Beberapa minggu yang lalu adik gue berniat untuk membeli handphone android. Awalnya dia ingin membeli samsung yang entah gue lupa seri nya apa. Tapi dengan PD nya gue bilang "Kalo gue jadi lo, gue bakal beli Sony bukan Samsung". Gue pribadi kenapa lebih milih Sony karena hasil camera nya yang bagus, dan flash nya bener-bener bikin terang yang difoto kalau settingan tempatnya lagi kurang bercahaya. Terus ada lagi nih yang bikin gue suka sama hanphone Sony, yaitu bentuknya. Gue paling seneng sama HP yang bentuknya simple, dengan sisi yang nyaris memiliki sudut siku (round-nya nggak terlalu besar). Next, akhirnya adik gue keguna-guna sama kata-kata gue, dia membeli Sony Xperia M. Yaay! (Kenapa jadi gue yang seneng. -_-").


Beberapa hari, masih adem ayem, adik gue masih keliatan seneng sama gadget nya. Dia download apapun yang dia mau, terutama permainan kesukaannya, Minion Rush, papoy! Tapi tiba-tiba semuanya berubah, ketika Play Store nggak bisa dibuka. Gue sebagai yang mengguna-guna merasa bersalah pake banget, apalagi adik gue sampe bilang kalau samsung nanganinnya gampang, gue tambah keringetan. Kemudian gue disuruh ke tempat beli HP nya di BEC, tapi gue males, lagian belum tentu mereka bisa dan yang pasti mereka bakal minta bayaran. Dan satu lagi yang gue takutkan, gue takut sebenarnya masalah HP nya nggak serumit yang dibayangkan.

Seperti biasa, setiap ada masalah gue bakal tanya ke mbah ter-sakti di jagat raya ini alias mbah Google. akhirnya gue menemukan sebuah website yang menjelaskan tentang cara mengatasi playstore sony xperia M yang tidak bisa dibuka. Gue copy paste aja deh yah gimana caranya, kali aja bisa membantu. Gue copas dari Link ini. . Untuk lebih jelasnya bisa buka link tersebut.

1. Tidak Connect
solusi: cek pengaturan APN. Settings >> Wireless & Network >> Mobile Networks >> Access Point Names. Apakah ada APN-nya? Beberapa operator ada yg setting otomatis, tetapi ada juga yg tidak otomatis setting sehingga harus manual. 
Cara laen menggunakan Asisten APN (aplikasi buatan dalam negeri) yg dapat didownload dari market, atau bisa langsung sedot apk-nya disini: Link 1 dan Link 2, APK diinstall ke hp,setelah dipindahin lewat explorer, jika sudah instal companion pasti akan muncul dialog untuk buka explorer.lalu instal saja lewat file manager di hp (terserah bisa astro file manager, es file manager, dsb). 
Jika masih tidak konek juga? coba cek masaaktifnya, pulsanya ada berapa?sinyalnya lagi ada atau tidak? Cek jika sistem penanggalan dan area GMT pewaktuannya, habis batere dicabut dan pasang lagi atau habis fresh install ulang (habis flashing ulang, habis flashing rom) jadi kereset ke 1 Jan 1980 misalnya dan GMT-nya malah GMT+00. Kadang gara2 masalah ini saja bisa jadi ngaruh ke internet error. Masa aktif masih ada, sistem penanggalan/pewaktuan sudah benar, pengaturan APN sudah benar, pulsa ada dan dalam masa aktif, tetapi tetap saja tidak mau konek. Berarti memang sedang terjadi gangguan di operatornya, masalah tersebut silahkan telp customer service atau datang ke gerai terdekat!!

(generated autotext by smartkeyboardpro)

1. clear cache/data d market
msk settings >> manage apps >> cari market atau play store, nah ada clear cache dan clear data coba diclear

2. No.1 msh ga bisa jg, coba msk ke settings >> mobile network >> access points or APN settings. jika nemu proxy dan port, kosongkan. beberapa operator ada yg setting otomatis pake APN, ada yg pake port.

3. Uninstall aplikasi Freedom jg pernah install, settings-apps.cari freedom lalu uninstall.

4. No.3 masih ga bisa?Cek point 1 ttg internet ga konek, msh ga bisa jg? brarti jaringan di operator yg bermasalah,balik lagi prinsip P.M.P dimana solusi: ganti operator laen, panjat tower (agar kenceng sinyalnya), pindah ke Korea/Jepang (dimana negara dgn bandwidth internet terkenceng).

Awalnya gue kira ini sudah berhasil. Gue nyoba yang clear cache/data, kemudian gue buka app play store, dan ternyata nggak langsung mati, sempet bisa dibuka, but nggak bisa download, dan pada akhirnya play store nggak bisa dibuka lagi. Ada apa gerangan dengan Sony Xperia M ini. Tapi gue nggak akan pernah menarik kata-kata gue sebelumnya, gue bakal tetep pilih Sony. Istiqomah! XD

Hampir hopeless, tapi gue yakin banget kalau dari beratus-ratus ribu results yang dikeluarkan mbah google pasti ada satu artikel yang bisa bantu gue. akhirnya gue memutuskan untuk mengganti keyword nya in English. Kemudian gue buka situs yang judulnya nyaris sama dengan keyword yang gue masukin (Unfortunately, the process com.google.process.gapps has stopped). Gue hampir saja close tab situs tersebut. Karena it's too easy. Gue nggak yakin masalah HP adik gue sama dengan ini. Tapi setelah dipikir-pikir nggak ada salahnya toh buat dicoba.

Buka Settings >> application >> All App >> cari download manager >> disable it and enable it

Kebetulan nih kalau di HP adik gue, emang keadaannya udah disable, otomatis gue klik enable. Dan ini terjadi karena kesalahan adik gue. Dia pernah salah download aplikasi di playstore, sebelum download-an selesai dia press aplikasinya lama, kemudian keluar si download manager ini, dan konyolnya dia malah klik disable it. Dia pikir itu pengaruhnya hanya untuk aplikasi tertentu, tapi ternyata kesalahan itu bikin dia nggak bisa buka play store. Yaay! Play Store udah bisa dibuka sekarang!!!

Tunggu, ternyata masalah nggak cuma sampai situ. Timbul masalah baru, yaitu aplikasi yang terdownload tidak bisa ditransfer dari internal memory ke SD (external memory). Nah loh! Alhasil gue minta bantuan mbah google lagi. Cara paling mudah itu bisa dilihat di sini, tapi ternyata ini tak semudah membalikan telapak tangan patung pancoran coy! Gue udah coba cara itu, tapi that's not work. Kemudian ada cara lain, yaitu dengan download app 2 SD (semacam aplikasi manager gitu). Dan sayangnya aplikasi ini nggak kompatibel dengan Sony Xperia M. Nyaris hopeless... Tapi selalu ada penyelesaian dari setiap masalah. Tiba-tiba gue melihat aplikasi yang memang sudah ada ketika gue membeli HP tersebut. Sepertinya yang punya counter sengaja masukin aplikasi itu ketika gue minta isi aplikasi ke HP nya. FILE COMMANDER, itu nama aplikasinya. Buka Internal Memory >> Android >> Data >> kemudian mark semua yang ada di dalam Data tersebut, pilih cut. Lalu tekan back dan beranjak ke External memory >> Android >> Data >> paste alias salin semua data yang di "cut" di internal memory sebelumnya. Bila ada beberapa aplikasi diluar folder Data, tinggal cut-paste aja.

Kalau boleh kasih saran sih, setelah itu mending langsung ke SONY nya langsung buat service. Bikin keluhan kalau aplikasi di internal memory nggak bisa dipindahin ke external memory tanpa bantuan aplikasi manager aplikasi. Biar semuanya bisa lebih mudah semudah mengedipkan mata.

Sekian cuap-cuap dari gue mengenai gadget yang gue sendiri nggak ngerti How to fix it! selain menggoogle ria. xP

12 comments:

toko penjual ace maxs said...

sekarang kalo beli hp memang harus lebih selektif

Unknown said...

aku pengen banget beli xperia m,tapi masih ragu2,bagus sony apa samsung sih?

Anonymous said...

Handphone q sony experia mdual pakai kartu 3 bisa Internet tapi ngga bisa downllod aplikasi mohon bantuannya padahal jaringan fuulll

Unknown said...

Ini saya pki sony m4 , kuota ada ;sinyal kuat; tapi data seluler gak mucul; kira2 apanya ya?

Unknown said...

Udh di download tapi kok ga. Bisa di buka yang??

Unknown said...

Kalo sony xperia m sayaaa selalu keluar app store walupuun saya tidak ingin mendownlod.selalu muncuul saat saya sedang bbmn ,wa atau apa pun .

Unknown said...

Kalo sony xperia m sayaaa selalu keluar app store walupuun saya tidak ingin mendownlod.selalu muncuul saat saya sedang bbmn ,wa atau apa pun .

Unknown said...

Kenapa xperia m singel saya habis download apk kok gak ada tulisan buka. Tolong bantuanya

Unknown said...

XPERIA M4 GW,,,gk bisa buka playstore pdahal playstore versi lama dan baru sdah sya pasang tetep gk mau jg

Unknown said...

Setting APN gan.punya ku jg dgn setting apn.alhamdulillah bs.

Unknown said...

setelah factory reset sony xperia saya malah ga bs added akun, saya coba setting apn, emang udh bs browser tp ttp aja ga bs added akun gmail,
mohon pencerahan dong tmn-tmn,

hp sy kmbali ke jmn batu ne, :'(

thx sebelumnya,

plestor said...

Aku gk bisa masukin imel aku di plestor gmn cranya ya biar normal lg