The Miracle Pregnancy (Part II)

Program hamil selanjutnya yang kami lakukan adalah mencoba gaya hidup sehat. Makan banyak sayur, buah, makanan berprotein dan olah raga. Sebenarnya pola hidup sehat ini kami lakukan paralel saat program hamil ke dokter kandungan. Tapi karena saya lupa kapan pastinya, maka saya pisahkan penjelasan mengenai promil dengan pola hidup sehat ini.

Olah raga yang kami lakukan adalah lari pagi. Setelah melaksanakan sholat subuh, kami bersiap untuk lari pagi di sekitar komplek rumah. Kami memilih waktu yang sangat pagi ini karena kami harus beranfkat kerja jam 7 paginya. Emang dasarnya nggak pernah olah raga, sekalinya olah raga badan langsung terasa pegal. Beberapa minggu kami berdua rutin lari pagi, hingga akhirnya saya berhenti dan hanya suami saya yang melanjutkan. Kenapa? Setelah membaca beberapa referensi mengenai olah raga yang cocok untuk program hamil, ternyata renang dan yoga adalah yang paling direkomendasikan. Kebetulan saat itu sulit menemukan tempat berenang di sekitar lokasi rumah kontrakan kami. Sehingga saya memutuskan untuk beryoga hanya dengan mermodalkan video yang saya dapatkan dari youtube. Bahkan beberapa kali saya sempat melakukan HIIT untuk menurunkan berat badan. HIIT tidak direkomemdasikan untuk program hamil karena terlalu berat dan hanya akan membuat kita kelelahan.

Untuk masalah makanan, kami mengurangi membeli makanan cepat saji diluar. Saya memasak sendiri bahkan untuk makan siang. Sayuran hijau dan juga toge adalah menu wajib. Buah-buahan yang kami konsumsi seringnya adalah semangka, melon, buah naga, jeruk dan pisang. Buat suami diutamakan semangka karena dipercaya dapat meningkatkan jumlah sperma, sedangkan saya lebih sering pisang dan terkadang alpukat untuk asupan asam folat. Dan untuk protein hewani, kami memilih daging, telur ayam dan susu. O iya hampir lupa, untuk suami saya juga membuat campuran kuning telur bebek dan sari (bagian tengah) buah nanas, ditambahkan sedikit madu 3x kali dalam seminggu. Campuran ini dipercaya dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada pria. Berikut cara membuatnya:
- Ambil bagian tengah dari satu buah nanas, blender, kemudian peras. Ambil sarinya.
- Pisahkan kuning telur bebek mentah, pindahkan ke dalam gelas bersih
- Campurkan sari buah nanas dengan kuning telur dan sedikit madu. Aduk hingga tercampur satu sama lain, indikatornya adalah campuran menjadi encer.
- Larutan siap diminum.

Pola hidup sehat yang kami terapkan ini membuat berat badan kami turun beberapa kilo, terutama saya dari 53kg menjadi 48kg. Masih cukup ideal, untuk saya yang memiliki tinggi badan 155cm. 

Itulah gaya hidup sehat yang kami terapkan  selama program hamil, walaupun Tuhan masih menyuruh kami berdua untuk berikhtiar lebih keras lagi. 


1 comment: