Mimpi Buruk? Don't Worry!

Pernah nggak lo mimpi sesuatu yang nggak ngenakin banget dan sejak itu lo takut banget terjadi hal buruk menimpa lo. Seperti mimpi gigi copot, mimpi buang air besar, dikejar orang gila, mimpi dililit atau digigit ular, and many more about bad dreams. What's the problem? That just a dream, no more. Kita nggak bisa menutup mata kalau beberapa mimpi yang gue sebutkan di atas punya impact untuk pola pikir kebanyakan orang. Misal mimpi gigi copot itu artinya akan ada saudara atau kerabat yang meninggal dunia. Mimpi buang air besar itu artinya akan ada hal buruk menimpa kita atau akan kehilangan sesuatu. Such a waste. Entah dari mana awalnya tafsir mimpi itu muncul, sampai ada beberapa artikel yang meyakinkannya dengan memberi referensi hadist.

Ket: Gambar ini diambil dari mesin pencarian Google
Oke, awalnya gue juga sempet resah ketika mimpi buruk seperti mimpi buang air besar. Ada satu kejadian yang membuat gue yakin kalau tafsir mimpi itu hanya HOAX. Kejadiannya sudah cukup lama, yaitu 4 tahun lalu ketika gue mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Sehari sebelum pengumuman gue mimpi buang air besar. Terus gue cerita ke keluarga gue tentang mimpi gue itu. As I expected, mereka bakal bilang hal buruk akan menimpa gue. Gue langsung mikir kalau jangan-jangan gue nggak lolos masuk PTN. Tapi nyokap gue bilang berdoa aja semoga nggak terjadi apa-apa. Walaupun gue terus berdoa dan meyakinkan diri gue kalau it just a dream, tetep aja tafsir mimpi itu terus terngiang-ngiang di pikiran gue. Saat menegangkan itu pun akhirnya tiba. Mungkin karena banyak juga yang ngebuka pengumuman lewat internet, gue agak kesulitan buka hasil punya gue. Semakin deg-degan nggak karuan. Perut, dada dan kepala kerasa panas banget. But, gue lolos brooooo... Itu hanya mimpi, tak ada kaitannya dengan kehidupan nyata. Setelah itu gue yakin kalau mimpi buruk itu tidak akan berdampak apapun di dalam kehidupan nyata. Adapun tafsir mimpi itu menjadi benar, percayalah 100% kalau semua itu hanya kebetulan. Karena musibah, kematian dan lain hal itu pasti akan terjadi tanpa kita bermimpi gigi copot atau mimpi buang air besar.

Gue yakin semua agama mengajarkan kebenaran. Di agama gue, mimpi yang dianggap benar itu hanya dialami oleh Rasul, yaitu sebagai wahyu dari Allah SWT melewati mimpi. Tapi kita hanya manusia biasa bukan Rasul. Dan mempercayai tafsir mimpi terutama mimpi yang katanya berdampak buruk, itu hanya akan membatasi hidup kita.

Mungkin postingan gue kali ini akan terkesan seperti sedang berdakwah :p, tapi ada pernyataan ada bukti. Dan gue dapetin ini di salah satu literatur lewat mesin pencarian "om google" tentang tafsir mimpi.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 


ﺇﻥ ﺍﻟﺮﺅﻳﺎ ﺛﻼﺙ: ﻣﻨﻬﺎ ﺃﻫﺎﻭﻳﻞُ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻟِﻴﺤﺰُﻥ ﺑﻬﺎ ﺍﺑﻦَ ﺁﺩﻡ، ﻭﻣﻨﻬﺎ ﻣﺎ ﻳﻬُﻢُّ ﺑﻪ ﺍﻟﺮﺟﻞُ ﻓﻲ ﻳَﻘَﻈَﺘِﻪ، ﻓﻴﺮﺍﻩ ﻓﻲ ﻣَﻨَﺎﻣﻪ، ﻭﻣﻨﻬﺎ ﺟﺰﺀ ﻣﻦ ﺳﺘﺔٍ ﻭﺃﺭﺑﻌﻴﻦ ﺟﺰﺀﺍً ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺒﻮﺓ 


Artinya: "Sesungguhnya mimpi ada tiga macam: mimpi yang menakutkan yang berasal dari syetan untuk menakut-nakuti anak Adam, mimpi yang berasal dari sesuatu yang dipikirkan ketika dia bangun kemudian terbawa-bawa dalam tidurnya, dan mimpi yang merupakan satu bagian dari 46 bagian kenabian" (HR. Ibnu Majah dari 'Auf bin Malik radhiyallahu 'anhu, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany). 

Dan mimpi yang ada ta'birnya atau tafsirnya diantara ketiga macam tersebut adalah yang berasal dari Allah. Berkata Al-Baghawy (wafat 516 H) rahimahullah: 



ﻟﻴﺲ ﻛﻞُّ ﻣﺎ ﻳﺮﺍﻩ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥُ ﻓﻲ ﻣﻨﺎﻣﻪ ﻳﻜﻮﻥ ﺻﺤﻴﺤًﺎ، ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺗﻌﺒﻴﺮُﻩ، ﺇﻧﻤﺎﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﻣﻨﻬﺎ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰَّ ﻭﺟﻞَّ 


"Tidak semua yang dilihat oleh seseorang ketika tidurnya adalah shahih (benar) dan boleh dita'birkan diartikan), sesungguhnya yang shahih (benar) adalah mimpi yang berasal dari Allah 'azza wa jalla" (Syarhussunnah 12/211) 

Apabila yang dilihat dalam mimpi adalah sesuatu yang dibenci -seperti mimpi di atas- maka hendaknya berlindung kepada Allah dari was-was syetan dan jangan menceritakannya kepada orang lain. 


Rasulullah shallallahu 'alaihiwasallam bersabda: 



ﺇﺫﺍ ﺭﺃﻯ ﺃﺣﺪُﻛﻢ ﺭﺅﻳﺎ ﻳُﺤِﺒُّﻬﺎ ﻓﺈﻧَّﻤﺎ ﻫﻲﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻠﻴﺤﻤَﺪِ ﺍﻟﻠﻪَ ﻋﻠﻴﻬﺎ، ﻭﻟﻴﺤﺪِّﺙ ﺑﻬﺎ . ﻭﺇﺫﺍ ﺭﺃﻯ ﻏﻴﺮَ ﺫﻟﻚ ﻣﻤَّﺎ ﻳﻜﺮَﻩ ﻓﺈﻧَّﻤﺎ ﻫﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ، ﻓﻠﻴﺴﺘﻌِﺬْ ﻣﻦ ﺷﺮِّﻫﺎ، ﻭﻻ ﻳﺬﻛُﺮْﻫﺎ ﻷﺣﺪٍ، ﻓﺈﻧَّﻬﺎ ﻻ ﺗﻀُﺮُّﻩ 


Artinya: "Apabila salah seorang dari kalian bermimpi dengan mimpi yang dia senangi maka itu berasal dari Allah, dan hendaknya dia ceritakan (kepada orang lain), dan apabila melihat yang lain dari hal-hal yang dia tidak sukai maka itu adalah mimpi dari syetan; maka hendaklah dia berlindung (kepada Allah) dari kejelekannya (mimpi tersebut), dan tidak menceritakannya kepada orang lain, maka sesungguhnya mimpi buruk tersebut tidak akan mencelakakannya" (HR. Al-Bukhari, dari Abu Sa'id Al-Khudry radhiyallahu 'anhu). 

No comments: