INSTAGRAM, ONLINESHOP & "SMART BUYER" PART I

INSTAGRAM bukanlah hal yang baru lagi di dunia per-gadget-an. Setiap orang bebas share their own picture yang bisa terhubung ke twitter, facebook, etc. Dan kini instagram juga dijadikan media dagang para online shop. Setiap onlineshop berbondong-bondong meng-endorse produknya untuk meningkatkan jumlah follower, real follower exactly! Semakin banyak follower, otomatis banyak pembeli and semakin banyak pertanyaan di kolom komentar. Nggak ada yang salah. Ini adalah pintu rejeki. Tapi sudah bukan rahasia umum lagi maraknya buyer yang kurang smart. Bukan bodoh, hanya saja kurang pintar. Check this out!

1.Pembeli yang mengabaikan Bio


2. Nanyain barang yang nggak ada #klise


3. Penanya yang berprinsip "Malu bertanya sesat di jamban". So Yesterday!


4. Pertanyaan "pintar"


5. Lying is "SIN"


6. Nggak bisa bedain tempat curhat sama tempat jual beli. Posisikan diri anda guys!


7. Lagi-lagi mengabaikan Bio, nggak sabaran pula. Be a smart buyer, please!


8. IG picture with captionnya itu bagaikan "cileuh dina mata", tak terpisahkan. Masih nggak keliatan?


9. Mengabaikan Bio. Again!


Gue bukan owner onlineshop, gue hanya buyer, tapi smart, Pastinya! Haha... Disini gue cuma ngerasa kasihan sama owner yang udah mau menahan emosinya untuk menjawab setiap pertanyaan kurang smart. Owner OS juga manusia beib, posisikan kalo lo jadi dia. Gimana rasanya jadia dia. Such a Drama. Gue mau kasih tips bagaimana agar menjadi SMART BUYER. 
  • Lihat bayaknya followers OnlineShop-nya. Pada dasarnya, banyaknya follower menunjukan daya tarik si OS.
  • Lihat jumlah posts-nya. Banyak post diasumsikan sudah banyak produk yang OS tersebut jual.
  • Bio! Jangan sepelekan Bio, karena anda bisa saja terjerumus ke dalam buyer kurang smart community. Biasanya Bio berisikan "kemana kita bisa meng-order", posisi onlineshop (kota/provinsi), dll.
  • Sebelum nulis komentar, pastikan lo baca caption gambarnya baik-baik. Biasanya disana ada keterangan tentang harga, size, atau all about product's info in the picture. Tapi ada beberapa onlineshop yang memberikan informasi mengenai produk langsung di picture-nya.
  • Bingung cara order? biasanya ada di caption gambar. Kalo nggak ada tinggal sms, WA, BBM, etc, dan bilang produk mana yang lo mau. Case Closed!
  • Budayakan bertanya tidak di gambarnya, dan janganlah menanyakan barang yang tidak ada di gambar karena akan membuat lo tampak bodoh. Kalo lo serius beli barangnya, langsung aja SMS, Line, KIK, KakaoTalk, WA, BBM, etc. Dan jangan ngeluh "Kok Nggak Dibales Sis?", padahal lo ngechat baru beberapa menit yang lalu. Pikirkan kalo ada ratusan orang yang order, dan owner OS mungkin punya aktivitas lain, seperti kuliah atau kerja di suatu perusahaan. Jangan samakan owner onlineshop dengan pacar (bagi yang punya pacar) yang telat dikit balesnya langsung kena omel.
  • Biasanya Trusted Online Shop itu suka ngepost bukti resi pengiriman, barang-barang yang siap dikirim, dan atau testimonial terbaik dari customer.
  • Udah seminggu barangnya nggak nyampe juga? Padahal harusnya dua hari udah nyampe. Kalau Resi udah dikasih, bersabarlah guys! Mungkin masalah ada di perusahaan  jasa pengirimannya.
  • Gue sarankan untuk membeli barang onlineshop di supplier (biasanya keterangan ada di Bio), kalo ada masalah gampang ngatasin-nya. Kalau sama reseller apalagi yang pake sistem drop ship, kalau ada masalah dengan pengiriman dan lain hal itu agak susah nyeleseinnya, bahkan ada juga yang sampai lepas tanggung jawab. Walaupun nggak semua reseller kayak gitu.
  • Belajarlah untuk menjadi pengguna instagram yang pintar. Jangan asal bikin akun tapi ngegunainnya like a grandma, main tamagoci aja sana. Hahaha...
Sekian postingan dari gue, semoga bermanfaat. Salam Smart!

No comments: